BLANTERORIONv101

Komisi Informasi Kepri: Polda Kepri Diakui Sebagai Badan Publik Informatif

26 Juni 2024

BeritaTerkini.Info Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau meraih penghargaan dari Komisi Informasi Kepulauan Riau sebagai Badan Publik Informatif kategori Badan Publik Vertikal Tingkat Provinsi.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepri, Hamdani, kepada Wakil Kapolda Kepri, Brigjen TNI. Pol. Asep Safrudin pada Senin (4/12/23).

Dalam kesempatan tersebut, Hamdani menyampaikan bahwa penghargaan keterbukaan informasi ini diberikan setiap tahun sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang memerintahkan Komisi Informasi daerah untuk melakukan penilaian terhadap seluruh badan publik di Provinsi Kepulauan Riau melalui pemantauan dan evaluasi.

“Polda Kepri merupakan salah satu institusi yang diberikan penilaian, yang selama tiga tahun terakhir mendapat penilaian yang informatif,” kata Ketua Komisi Informasi Kepri, Hamdani.

Menurutnya, pihaknya sangat mengapresiasi hal tersebut karena ada anggapan sebagian masyarakat bahwa Polda merupakan lembaga yang agak tertutup. Namun penilaian Komisi Informasi justru membuktikan sebaliknya karena Polda Kepri dinilai sebagai badan publik yang informatif dan sangat terbuka selama tiga tahun berturut-turut berdasarkan indikator yang digunakan dalam penilaian.

Sehingga diharapkan Polda Kepri bisa mempertahankan prestasinya sebagai lembaga atau badan publik yang informatif, ujarnya.

“Polda Kepri terpilih dari 131 Badan Publik yang ada di Provinsi Kepri, terverifikasi melalui e-Monev terhadap 18 Badan Publik, dimana Polda Kepri menduduki peringkat 4 Kategori Informatif,” lanjutnya.

Wakapolda Kepri, Brigjen. Pol. Asep Safrudin menyatakan, Polda Kepri sangat mengapresiasi pengakuan Komisi Informasi Kepri atas penilaiannya sebagai Badan Publik Informatif selama tiga tahun berturut-turut.

“Kami meyakini transparansi dan keterbukaan informasi menjadi landasan penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian,” imbuhnya.

Selain itu, pihak berkomitmen untuk terus mempertahankan pencapaian tersebut dengan tetap transparan dan memenuhi standar penilaian yang telah ditetapkan.

Komentar