BLANTERORIONv101

Kemenkum HAM Lampung Pecat 4 Pegawainya Terlibat Narkoba Selama 2023-2024

24 Juni 2024

BeritaTerkini.Info Empat pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Lampung dipecat pada periode 2023-2024. Mereka terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Lampung Sorta Delima Tobing mengatakan pihaknya dengan tegas tidak memberikan toleransi terhadap peredaran narkoba baik di lembaga pemasyarakatan maupun kantor wilayah.

“Kalau ada indikasinya, segera kita bawa ke Kanwil, kita lakukan pemeriksaan. Periode 2023-2024 sudah kita periksa 6 orang dan 4 orang sudah dilakukan proses pidana dengan pemberhentian,” kata Sorta dalam keterangannya. Kegiatan pencanangan program bersinar di Lapas Way Hui, Sabtu (22/6/2024).

Secara rinci, dia menyebut keempat pegawai tersebut dipecat karena terlibat penyalahgunaan narkoba.

“Iya, mereka terlibat narkoba,” ujarnya.

Dengan menggandeng Polda Lampung dan BNNP Lampung, pihaknya melaksanakan Program Bersinar yang bertujuan menjadikan UPT Pemasyarakatan Daerah Lampung bersih dari narkoba. Diharapkan tidak ada lagi keterlibatan atau peredaran narkoba di lingkungan Lapas.

“Bertepatan dengan bulan Hari Anti Narkoba Internasional, dengan aksi serentak bersama BNN dan Kepolisian, UPT Pemasyarakatan Daerah Lampung kami nyatakan bersih dari narkoba (Bersinar),” ujarnya.

“Program ini akan melakukan deteksi dini dengan melakukan penggeledahan, tes urin bersama BNN dan sosialisasi dampak narkoba. Kemudian juga akan dilakukan rehabilitasi bekerjasama dengan BNN di beberapa UPT,” ujarnya.

 

Komentar