BLANTERORIONv101

Momen Jokowi bertemu Puan di Gala Dinner KTT WWF ke-10 di Bali

21 Mei 2024

BeritaTerkini.Info Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri jamuan makan malam delegasi World Water Forum (WWF) ke-10 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali. Diketahui, pemerintah Indonesia bersama World Water Council (WWC) menjadi tuan rumah acara World Water Forum.

Kedatangan Puan di Taman Budaya GWK Bali, Minggu (19/5), disambut hangat oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) selaku penyelenggara acara jamuan makan malam. Sesampainya di lokasi, Puan yang datang dengan mengenakan kebaya putih dan kain endet khas Bali langsung bersalaman dengan Jokowi yang sudah menunggu di panggung jalur VVIP para kepala negara yang hadir.

Pada acara malam itu, para delegasi WWF makan malam diiringi nyanyian Sape, alat musik tradisional Kalimantan. Selain itu, para delegasi juga disuguhi berbagai masakan nusantara.

DPR RI sendiri juga akan menggelar acara pada rangkaian WWF ke-10. Bersama Inter-Parliamentary Union (IPU), DPR RI menjadi tuan rumah Pertemuan Parlemen dalam rangka World Water Forum (WWF) ke-10 atau pertemuan Parlemen internasional dalam rangka World Water Forum yang juga diselenggarakan di Bali. Dari hasil Rapat Parlemen dalam rangka World Water Forum ke-10, Puan nantinya akan menyampaikan pendapatnya pada WWF ke-10.

“Saya berharap apa yang dibicarakan akan membuahkan hasil yang konkrit, dan menghasilkan agenda apa yang akan dilakukan bersama Pemerintah,” kata Puan, dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/5/2024).

Dalam agenda yang digelar Rabu (18/5), Puan kemudian memaparkan urgensi rapat parlemen terkait Sidang ke-10 WWF. Puan mengatakan, diperlukan kerja sama seluruh pemangku kepentingan dalam mengatasi permasalahan air yang juga menjadi salah satu agenda dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Air sangat penting bagi kehidupan di masa depan. Mengatasi permasalahan air tidak hanya bisa dilakukan oleh DPR saja, tetapi harus menjadi komitmen dan gotong royong antara DPR, Pemerintah, organisasi internasional dan tentunya masyarakat dunia,” kata cucu Bung Karno ini. . .

Saat itu, Puan dan Jokowi berbincang sejenak sebelum diajak masuk ke tempat makan malam. Mereka juga terlihat saling tersenyum.

Puan dan Jokowi kemudian berjalan beriringan menuju ruang tunggu bersama para kepala negara yang hadir. Para kepala negara yang menghadiri jamuan makan malam penyambutan WWF ke-10 antara lain Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere.

Kemudian Wakil Perdana Menteri Papua Nugini John Rosso juga telah tiba, begitu pula mantan Presiden Hongaria Janos Ader. Sejumlah perwakilan organisasi internasional yang menjadi delegasi WWF ke-10 juga turut hadir.

Puan pun sempat menyapa sejumlah menteri yang hadir. Di antaranya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi. Puan bahkan sempat berbincang dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi.

Di meja makan malam, Puan duduk satu meja utama bersama Presiden Jokowi, PM Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden WWC atau Dewan Air Dunia Loic Fauchon, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere.

 

Komentar