BLANTERORIONv101

Dua Kandidat Doktor MIPA Paparkan Hasil Penelitian

20 April 2024

BeritaTerkini.Info -  (Unila): Dua Promovendus Program Studi Doktor MIPA, kembali paparkan hasil Penelitiannnya. Arie Setya Putra dan Jode Yuniarthe, kandidat Doktor MIPA pada bidang Ilmu Komputer kemarin pagi, hari Jumat 19 April 2024. Seminar hasil penelitian ini merupakan salah satu tahap dlm proses untuk memperoleh gelar Doktor. Mereka melaksanakan seminar hasil di ruang sidang gedung Pasca Sarjana FMIPA Lantai 2.  Promovendus Arie dan Jode dibimbing langsung oleh Prof. Admi Syarif, Ph.D., selaku promotor. Sebagai Co- Promotor masing masing adalah  Dr. Mahfut (Biologi, FMIPA), Dr. Sumaryo (Sosek FP), Dr. Sri Ratna (Jurusan Elektro FT),  dan Prof.Dr. Warsito sebagai co-Promotor. Sedangakan untuk pembahas adalah Dr. Favorisen R Lumbanraja, Prof.Dr. Kordiyana Rangga dan Dr. Melya Riniarti. Promovendus begitu semangat memaparkan hasil temuan dan disertasi  mereka yg berjudul “Implementasi dan Evaluasi Kinerja Metode Kecerdasan  Buatan Pada Anggrek Alam (Dendrobium)” dan “Aplikasi Metode Analytical Process dan Machine Learning untuk Evaluasi Kualitas Kopi Robusta”.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitiannya, Promovedus yang merupakan dosen Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Mitra Indonesia  ini menyatakan bahwa Kecerdasan Buatan (AI) memiliki peran yang sangat stategis dalam berbagai aplikasi dunia nyata.  Penelitiannya telah berhasil mengembangkan sistem berbasis Artificial Inteligence (AI) yang dapat membantu ilmuwan dan masyarakat dari berbagai bidang ilmu. 

“Promovendus ini sangat luar biasa dengan masing-masing telah menghasilkan tiga karya tulis yang disubmitted pada jurnal-jurnal internasional bereputasi terindex Scopus dan konferensi internasional.”, ujar Admi Syarif sambil tersenyum senang.

Prof. Admi Syarif, PhD selaku promotor, yang juga merupakan Dosen Ilmu Komputer  FMIPA Unila menyampaikan bahwasannya penelitian implementasi AI pada bidang pertanian dan kehutanan ini telah menghasilkan dampak yang signifikan. Promovendus 

mengimplementasikan kecerdasan buatan berbasis YOLO untuk pemberian nama tansman anggrek hutan. Novelty dari penelitian ini diantaranya kemampuan kecerdasan buatan mengklasifikasi jenis tanaman anggrek hutan dari data Video atau Gambar. Ujicoba dilakukan menggunakan 100 sample bunga Anggrek dari Kebun Raya Liwa. Dilaporkan bahwa kecerdasan buatan memiliki kinerja yang sangat tinggi, 100%. Ia berharap selanjutnya promovendus dapat memperbaiki disertasi dan  melakukan kelayakan setelah papernya  sudah  accepted pada  jurnal terindeks Scopus  dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Sidang seminar hasil disertasi kali ini dipimpin dan dibuka loleh Dr. G.Nugroho Susanto, MSc.- sebagai Ketua Program Studi Doktor MIPA. Setelah dilakukan rapat tertutup seusai seminar hasil yang disampaikan oleh promotor, para promovendus nampak semangat & bahagia. “Dengan demikian hari ini  kedua promovendus dinyatakan LULUS dan selanjutnya dapat melakukan persiapan untuk ujian kelayakan”, ujar Prof Admi. 

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Promotor dan Tim Pembahas serta kepada seluruh keluarga dan semua pihak yang terlibat dalam selesainya penelitian ini.”, demikian disampaikan oleh promovendus.

Tidak lupa promovendus menyampaikan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT atas telah selesainya salah satu tahapan dlm penyelesaian program S3 ini. [Admi].

Komentar