BLANTERORIONv101

93 petugas kesehatan Bandarlampung disiagakan untuk mudik lebaran

3 April 2024

BeritaTerkini.Info - Bandar LampungDinas Kesehatan (Dinkes) Bandarlampung menyiagakan 93 tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di delapan posko untuk melayani pemudik pada arus mudik Lebaran 2024.

“Kami mengerahkan 93 tenaga kesehatan dari 31 Puskesmas pada musim mudik kali ini, dan tersebar di posko mudik yang telah disiapkan bersama instansi lain,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Mega Putri di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, ke depan di setiap posko mudik, Dinas Kesehatan akan menyiagakan satu dokter, satu perawat, dan satu sopir ambulans yang akan melayani pemudik yang kurang sehat atau lelah selama perjalanan.

Nanti di posko kami juga akan memberikan obat-obatan dan pertolongan pertama bagi (pemudik) yang membutuhkan, ujarnya.

Ia juga mengatakan, tenaga kesehatan yang bersiaga di posko mudik juga akan dibagi menjadi dua shift, yakni pagi hari pukul 08.00-15.00 WIB dan sore hari pukul 15.00-22.00 WIB.

“Kami berharap mudik tahun ini lancar dan tidak terjadi insiden. Sekalipun pemudik lelah selama perjalanan, mereka bisa beristirahat di posko yang disediakan sambil memeriksakan kesehatan hingga kondisinya pulih,” ujarnya.

Desti juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuhnya fit untuk perjalanan tersebut.

Kemudian rutin berolahraga untuk meningkatkan stamina, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat yang cukup sebelum pulang, menyiapkan makanan dan minuman yang sehat, mempertimbangkan kemungkinan menghadapi kemacetan lalu lintas dan menyiapkan obat-obatan pribadi seperti obat alergi, obat sakit kepala. , demam, dan obat sakit maag, mual atau muntah,” ujarnya.

 

Komentar