BLANTERORIONv101

Saat 18 Ekor Gajah Liar Menyerang Tempat Wisata di Lampung, Ini Yang Terjadi

7 Maret 2024

BeritaTerkini.Info - Lampung BaratSebanyak 18 ekor gajah liar menyerbu tempat wisata di Lampung Barat. Hasilnya, tidak ada kerusakan serius dihindari.

Fasilitas kawasan wisata di Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat, rusak usai diserang kawanan gajah liar pada Sabtu (2/3) akhir pekan lalu.

Menurut warga, ada 18 ekor gajah yang masuk ke lokasi. Dalam video yang beredar luas di media sosial, sejumlah bangunan semi permanen terlihat hancur total terendam tanah.

 Sejumlah warga juga tampak membereskan kayu-kayu dari bangunan yang roboh. Semua itu diduga ulah 18 ekor gajah liar.

"Ini adalah wisata top Suoh yang dikelola oleh masyarakat, semalam kawanan gajah masuk ke kawasan Pekon Gunung Ratu, subuh tadi pas hujan, sekarang kondisinya luluh lantak," kata perekam video.

Kepala SKW III BKSDA Lampung, Joko Susilo membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Benar, itu peristiwanya di hari Sabtu menjelang pagi hari," katanya, Minggu (3/3).

Menurut Joko, saat ini pihaknya dan warga sudah melakukan hal tersebut pencegahan agar kawanan gajah tidak kembali ke pemukiman.

“Sudah ada pencegahan baik dari pihak kami maupun masyarakat. Laporan terakhir mereka sudah kembali ke hutan,” ujarnya.

Joko menjelaskan, dari laporan masyarakat diperkirakan ada 18 ekor gajah.

Gajah ini merupakan kelompok Gajah Jambul, diperkirakan jumlahnya ada 18 ekor, ujarnya.

Ia menambahkan, kelompok gajah ini belum sepenuhnya memasang kalung GPS. “Ada yang sudah dipasang, tapi belum semuanya,” ujarnya.

Agar kejadian ini tidak terulang kembali. Saat ini tim BKSDA bersama masyarakat masih melakukan penjagaan untuk mencegah datangnya kawanan gajah.

Komentar