BLANTERORIONv101

4.363 Personel Gabungan Siaga Pengamanan Mudik 2024 di Lampung

1 April 2024

 

BeritaTerkini.Info - Bandar LampungPolda Lampung akan mulai menggelar Operasi Ketupat Krakatau 4 – 16 Maret 2024. Dalam operasi rutin tahunan tersebut, kali ini ada 4.363 personel gabungan yang akan bersiaga selama masa mudik.

Dari total pasukan siaga mudik yang terdiri dari 200 personel Polda Lampung sebanyak 1.672 personel. Kemudian jajaran Polda/Polresta, serta 2.491 personel TNI dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Kabid Humas Polda Lampung Kompol Umi Fadilah Astutik mengungkapkan, polisi mendirikan 77 posko siaga mudik dalam operasi tersebut. Puluhan pos tersebut antara lain 56 pos pengamanan (Pospam), 20 pos pelayanan (Posyan), dan 1 pos pelayanan terpadu di kawasan pelabuhan.

“Puluhan pos ini akan siap pada berbagai lokasi strategis seperti jalan tol, rest area, jalan arteri. Hingga jalur wisata guna memastikan keamanan, dan kenyamanan masyarakat selama Idulfitri 2024,” ungkapnya, Minggu, 31 Maret 2024.

Selain itu, polisi juga menyiapkan tim anti maling untuk mengamankan masyarakat yang hendak mudik. Sehingga masyarakat merasa aman saat melintasi wilayah Lampung.

Kemudian, untuk mengantisipasi pemudik menjadi korban kejahatan. Polisi juga telah menyiapkan tim pengawal bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pengawalan ini bersiaga di sekitar pelabuhan dan akan menemani pemudik hingga tujuan.

“Pola pengamanan secara estafet antara berbagai satuan pada wilayah Lampung. Hal itu guna memastikan setiap pemudik dapat sampai ke tujuan dengan aman,” katanya.

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 7-8 April 2024. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 14-15 April 2024.

Komentar