BLANTERORIONv101

Penertiban APK di Liwa Terkendala Hujan

12 Februari 2024


BeritaTerkini.Info - Bandar LampungBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Barat bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat-Pol PP) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang masih dipasang serentak di seluruh wilayah. , Minggu 11 Februari 2024. Pengendalian APK di kawasan Liwa terhambat hujan. Untuk APK yang masih terpasang akan diatur besok.

Pengawas pemilu melakukan penertiban APK di semua tingkatan, mulai dari kabupaten, kelurahan, hingga pekon dan kelurahan. Pengaturan APK calon dan parpol ini dilakukan untuk menjaga situasi kondusif bagi pelaksanaan Pemilu 2024 di masa tenang ini. Pengurangan APK ini dilakukan berdasarkan hasil rapat gabungan di KPU. Sabtu lalu,” kata Ketua Bawaslu Lampung Barat Novrie Jonestama.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berpesan kepada parpol dan kandidat untuk memasuki masa tenang ini agar seluruh APK yang masih terpasang bisa diatur/diturunkan secara mandiri. Apabila tidak dibersihkan/diambil maka akan dilakukan penertiban oleh Bawaslu dan aparat terkait. Penertiban APK milik calon dan partai politik dilakukan sebagai tindak lanjut dari diadakannya apel siaga.

"Dengan telah digelarnya apel siaga pengawasan pemilu itu maka hari ini memasuki masa tenang kami  melakukan penertiban APK bersama  KPU dan Satpol PP Lampung Barat," kata dia.

Penertiban APK ini juga dilaksanakan serentak disemua kecamatan melalui pengawas kecamatan dan kelurahan/pekon. "Intinya, penertiban untuk pembersihan APK dimasa tenang ini dilakukan secara menyeluruh dan serentak hari ini disemua wilayah bersama pengawas disemua tingkatan," kata dia.

Terkait masa tenang ini, kata dia, pihaknya akan terus melakukan pengawasan untuk menjaga kondisi. Apabila selama masa tenang ini diketahui ada yang masih memasang APK atau melakukan kampanye dalam bentuk apa pun, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Sebab, terkait dengan tindak pidana pemilu.

“Kami akan terus melakukan pemantauan di semua tingkatan. Jika ditemukan ada yang masih melakukan kegiatan kampanye atau memasang APK, akan diambil tindakan tegas karena sudah melakukan pelanggaran,” kata Jones.

Untuk itu, pihaknya pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif menjelang pemilu 2024. Ia mengimbau masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya secara bijaksana dan damai.

Komentar