BLANTERORIONv101

Jelang Misa Natal, polisi mensterilkan gereja karena mengantisipasi teror

19 Desember 2023


 BeritaTerkini.Info - Bandar Lampung:  Polisi akan mensterilkan setiap gereja yang digunakan untuk ibadah misa Natal. Sterilisasi akan dilakukan sebelum misa pagi dan sore.

Kabid Humas Polda Lampung Kompol Umi Fadilah Astutik mengatakan, hal ini sebagai bentuk antisipasi teror yang terjadi saat ibadah Natal. Sehingga umat Kristiani bisa menjamin keamanan sehingga masyarakat bisa beribadah dengan tenang.

Sterilisasi akan dilakukan di setiap rumah ibadah atau gereja yang digunakan untuk beribadah merayakan Natal. Selain itu, pihaknya juga akan menempatkan personel untuk memberikan pengamanan.

"Untuk menjamin keamanan terhadap kegiatan ibadah natal kami melakukan sterilisasi di setiap rumah ibadah sebelum digunakan untuk misa malam dan pagi," ungkapnya, Senin, 18 Desember 2023.

Ia menambahkan, Polda Lampung telah menyiapkan 44 pos pengamanan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Personel yang bertugas di pos tersebut juga bertugas untuk melakukan pengamanan dalam pelaksanaan ibadah Natal.

"44 Pos pengamanan nanti bertugas memastikan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan ibadah Natal," katanya.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam Operasi Lilin Krakatau 2023 yang dimulai pada 20 Desember 2023 – 4 Januari 2024. Dalam operasi tersebut Polda Lampung menyiagakan 3.325 personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Lilin Krakatau.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.671 personel gabungan Polda Lampung dan jajaran serta 1.495 personel gabungan TNI, organisasi pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan terkait.

Polda Lampung juga telah membuat 21 pos pelayanan selama periode libur Natal dan satu posko terpadu di Pelabuhan Bakauheni.

Ia mengimbau masyarakat membantu pemerintah dan kepolisian dalam menciptakan kenyamanan bagi sesama. Hal ini untuk menciptakan kondusifitas di masyarakat, khususnya saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Komentar