BLANTERORIONv101

11 Cara Anak Belajar Aksara Lampung

2 Desember 2023

BeritaTerkini.Info - Salah satu dari sekian banyak ragam bahasa dan budaya daerah yang terdapat di Indonesia adalah aksara Lampung yang merupakan salah satu aksara yang perlu dipelajari anak-anak. Sistem tulisan yang berasal dari kawasan pintu gerbang Sumatera ini telah berkembang menjadi warisan budaya yang turut menyumbang kekayaan sejarah dan keberagaman nusantara.

Oleh karena itu, surat-surat yang diperkirakan sudah ada sejak abad ketujuh Masehi ini perlu dilestarikan. karena banyak aksara dan bahasa daerah yang punah atau hampir punah.

Mengajarkannya kepada anak kecil berusia antara 4 dan 6 tahun membantu melestarikannya. Selain itu, mata pelajaran ini diajarkan di sekolah-sekolah di Lampung sebagai mata pelajaran muatan lokal mulai kelas satu hingga enam sekolah dasar.


1. Mulai menulis alfabet

Untuk memulai belajar aksara Lampung, sebaiknya ajarkan anak alfabet terlebih dulu. Hal itu untuk memberi tahu cara menulis, mulai dari huruf kapital dan tanda baca.


2. Membaca alfabet

Setelah lancar menulis alfabet, biasanya anak juga mulai bisa membaca. Tahapan itu juga berguna untuk belajar aksara. Sebab, jika anak belum lancar membaca akan membuat sulit mempelajari aksara Lampung.


3. Pengenalan dasar aksara Lampung

Setelah anak lancar membaca dan menulis dari huruf alfabet, baru mulai kenalkan dasar aksara Lampung, seperti sejarah, karakteristik, dan bentuk aksara.


4. Menghafal nama aksara

Kemudian ajak anak menghafal 26 huruf konsonan dan lima huruf vokal aksara Lampung, serta bentuknya.  


5. Mengenal huruf induk

Kenalkan huruf induk, seperti ka, ga, nga, pa, ba, dan lainnya. Huruf induk adalah dasar yang membentuk aksara Lampung. 

Berikan contoh huruf induk dengan cara menunjukkan gambar atau benda yang melambangkan huruf tersebut. Misalnya, huruf "ka" dapat diajarkan dengan menunjukkan gambar ikan karena dalam bahasa Lampung, ikan disebut "ikan".


6. Mengenal anak huruf

Kemudian ajarkan anak mengenal anak huruf atau huruf turunan yang berasal dari huruf-huruf dasar. Anak huruf untuk membuat kombinasi bunyi yang lebih kompleks atau variasi dalam pengucapan.


7. Membaca dan menulis

Latih anak membaca dan menulis aksara Lampung. Latihan yang rutin akan membantu anak untuk lebih cepat menguasai aksara Lampung. 

Latihan membaca dan menulis dapat dengan cara membacakan cerita atau puisi yang menggunakan aksara Lampung. 

Anak juga dapat diminta untuk menuliskan kata atau kalimat sederhana menggunakan aksara Lampung. Membaca dan menulis dapat membantu anak dalam mengingat aksara Lampung.


8. Gunakan media yang menarik

Anak-anak umumnya lebih tertarik pada sesuatu yang menarik dan berwarna-warni. Untuk itu, pakai media yang menarik, seperti gambar, kartu, atau buku cerita yang menggunakan aksara Lampung.


9. Ciptakan suasana belajar menyenangkan

Anak akan lebih mudah belajar jika suasana belajarnya menyenangkan. Untuk itu, jadikan proses belajar aksara Lampung sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak. 

Hal itu bisa lewat bermain tebak-tebakan menggunakan aksara Lampung atau membuat permainan yang melibatkan aksara Lampung.


10. Beri pujian dan motivasi

Berikan pujian dan motivasi kepada anak saat berhasil belajar aksara Lampung. Hal itu akan membuat anak merasa senang dan termotivasi untuk terus belajar.


11. Sabar

Setiap anak memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda. Sehingga, untuk mengajarkannya perlu bersabar. Jangan memaksakan anak untuk belajar jika belum siap.

 

Komentar