BLANTERORIONv101

Ujian siswa SD Betung Tanggamus dilaksanakan hari ini setelah sempat tertunda akibat banjir

1 Desember 2023

BeritaTerkini.Info - Hari ini, 1 Desember 2023, merupakan penyelenggaraan ujian akhir semester siswa di SDN Betung, Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus, menyusul penundaan yang terjadi akibat banjir.

Ujian yang sebelumnya dijadwalkan pada Kamis, 30 November 2023, namun ditunda karena adanya banjir di sekolah. Rabu, 29 November 2023 terjadi hujan sehingga menyebabkan sungai meluap.

Kepala Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (SPLP) Pematangsawa, Barlian, mengatakan ujian semester yang tertunda kemarin dilanjutkan hari ini. "Sedangkan matari ujian hari ini akan dilakukan besoknya," kata dia saat meninjau pelaksanan ujian semester di SDN Betung, Jumat, 01 Desember 2023.

Ia menuturkan, sesuai jadwal bahwa materi ujian hari ini yaitu mata pelajaran matematika dan pendidikan pancasila. Namun diganti materi ujian kemarin yaitu mata pelajaran agama dan bahasa Indonesia.

"Situasi telah kembali normal, kemarin hanya terkendala banjir sehingga ditunda. Untuk kertas ujian tidak ada kendala dan aman," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, pada Kamis 30 November 2023 dini hari, banjir terjadi di Pekon Tanjungan dan Pekon Betung, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus. Selain jembatan ambruk, rumah dan sekolah juga ikut terendam banjir.

Rumah-rumah yang tenggelam tersebar di berbagai wilayah. Sementara SDN Betung menjadi gedung sekolah lain yang terkena dampak. Kejadian ini menyebabkan tertundanya proses belajar mengajar. “Jadwal ujian semester SDN Betung dijadwal ulang menjadi hari ini. Menurut Barlian, Kepala Unit Pelaksana Pelayanan Pendidikan (SPLP) Pematangsawa, “Hari ini ujian bahasa Indonesia dan agama.”

Ia menuturkan, saat ini para murid dan guru dibantu warga sedang membersihkan sisa material banjir di SDN Betung. Terkait ulang ujian semester, dia mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

Selain menyebabkan jembatan di Pekon Baturaja ambrol, air juga merendam 70 rumah warga bahkan 30 di antaranya rusak.

Warga pekon Betung, Nanda, mengatakan, banjir bandang terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Air meluap dari Sungai Muara Betung dengan ketinggian lutut orang dewasa. "Untuk yang tergenang beberapa rumah," kata Nanda.

 

Komentar