BLANTERORIONv101

Tinggal di Lampung, Harus Tau Lima Makanan Khas Ini

24 November 2023

 

BeritaTerkini.Info - Di Pulau Sumatera, Provinsi Lampung merupakan yang terjauh.

Banyak wisatawan yang melakukan perjalanan melalui wilayah ini dalam perjalanan menuju atau dari tempat lain pasti akan mencari masakan tradisional provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai.

Jika ada di antara Anda yang merupakan penduduk asli Lampung atau tinggal di sana, sebaiknya Anda sudah familiar dengan kuliner setempat agar bisa berbagi dengan orang lain.

Lima makanan khas Lampung berikut ini wajib dicoba:


1. Seruit 

Seruit adalah makanan khas Lampung yang paling terkenal. Makanan ini terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, dan mangga kweni. Seruit biasanya disajikan dengan lalapan, seperti daun singkong, daun ubi jalar, dan kacang panjang.


2. Geguduh

Geguduh adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan tenggiri yang dimasak dengan bumbu pedas. Geguduh biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan.


3. Umbu

Umbu adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari pisang kepok yang dibakar. Umbu biasanya disajikan dengan gula merah dan kelapa parut.


4. Gulai Taboh

Gulai Taboh adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan laut yang dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu. Gulai Taboh biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan.


5. Tempoyak

Tempoyak adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari durian yang difermentasi. Tempoyak biasanya digunakan sebagai bumbu untuk memasak seruit, geguduh, dan gulai taboh.

Komentar