BLANTERORIONv101

Sabu Seberat 113 Kilogram via Jaringan Thailand Digagalkan Di Lampung

28 November 2023


BeritaTerkini.Info - 1.000 tablet ekstasi, 43 kilogram ganja, dan 113 kilogram sabu disita Polda Lampung. Jumlah bukti tersebut ditemukan antara bulan Oktober hingga November 2023.

Irjen Helmy Santika, Kapolda Lampung, mengklarifikasi bahwa Aceh merupakan sumber peredaran narkoba dan penangkapan dilakukan secara bertahap.

Dari kasus selama sebulan terakhir itu terdapat 30 tersangka yang ditangkap di sejumlah tempat, seperti Lampung Selatan, Jakarta, Medan, dan Aceh.

"Kami mempelajari pergeseran barang dan orang dari Aceh melalui pantai timur menuju Medan, Riau, Sumatra Selatan, dan Lampung," kata Helmy, Selasa, 28 November 2023.

Para tersangka dikenakan pasal berlapis Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati. "Mereka memiliki berbagai peran, baik mengantar dan menerima barang," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Narkoba Polda Lampung Kombes Erlin Tangjaya mengatakan, berdasarkan kemasan yang digunakan, barang terlarang tersebut berasal dari Thailand. Narkoba tersebut masuk ke Indonesia melalui jalur pantai timur Aceh yang memiliki jalur langsung ke Puket, Thailand.

"Kemasannya ada tulisan Thailand, kemungkinan dari pantai timur yang bisa diakses langsung ke Puket Thailand," ujarnya.

Pihaknya saat ini masih melakukan pengejaran terhadap pemilik narkoba itu dengan mengetahui identitas bandarnya. "Tapi yang bersangkutan berhasil melarikan sebelum polisi datang ke lokasi persembunyian," kata dia.

Komentar