BLANTERORIONv101

Gubernur Lampung Ajak Jurnalis Lawan Berita Bohong dan Tetap Netral

30 November 2023

BeritaTerkini.Info -Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan ajakan kepada media untuk tetap netral dan memerangi informasi palsu sepanjang kampanye pemilu 2024.

Arinal Djunaidi saat memperkenalkan acara Pelatihan Jurnalistik II yang bertemakan Orientasi Jurnalistik dan Organisasi PWI Lampung, ia menyampaikan hal tersebut.

Menurut Arinal, insan pers jangan mau dikuasai oleh politikus maupun pengusaha agar menjadi media yang profesional dalam pemberitaan. 

"Jangan mau dikuasai politikus atau pengusaha, mau satu, dua atau tiga semua saudara, junjung tinggi persatuan lawan berita hoaks," katanya dalam sambutan di PWI Lampung, Kamis, 30 November 2023.

Namun di dalam sikap netral dalam pemberitaan tetap harus menjunjung kode etik Jurnalistik agar tahapan pemilu berjalan dengan aman dan lancar.

"Karena di dalam sikap netral tetap harus menjunjung kode etik. Perselisihan antarpengusaha tidak ada lagi, perselisihan antarsuku tidak ada lagi di Lampung," harapnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Lampung Wirahadikusuma mengatakan PWI Lampung fokus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan. Wartawan tidak boleh menyebar berita hoaks dan harus netral dalam pemberitaan.

"Anggota PWI Lampung ada sekitar seribu satu anggota, saya harap bisa bersikap netral. Para wartawan dituntut untuk meningkatkan keterampilan," katanya. 

 

Komentar