BLANTERORIONv101

Polisi Sasar Pemudik yang Kendaraannya Tidak Sah

15 April 2024

 

BeritaTerkini.Info - Lampung Kepolisian Daerah (Polda) Lampung juga mewaspadai kendaraan tidak resmi pada arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah. Barang-barang tersebut palsu, palsu atau tidak ada dokumennya, dimodifikasi, dan tidak memenuhi spesifikasi untuk mudik.

Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika mengatakan kendaraan tanpa izin, baik sewaan maupun milik pribadi, dapat membahayakan keselamatan. Untuk itu, masyarakat sebaiknya menggunakan kendaraan dinas untuk perjalanan Lebaran 2024 ini.

“Kami mengimbau para pemudik yang menggunakan angkutan umum atau sewaan untuk memastikan menggunakan kendaraan dinas,” kata Helmy, kepada Lampost.co, Sabtu, 13 April 2024.

Ia menegaskan, penggunaan kendaraan yang tidak memiliki sertifikasi dari pihak terkait tidak menjamin keselamatan.

Untuk itu, hal ini menjadi perhatian serius untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kejadian lainnya pada arus balik saat ini. Selain itu, pemudik juga harus selalu menaati peraturan lalu lintas, menjaga kecepatan dan jarak aman. Ia menegaskan, penggunaan kendaraan yang tidak memiliki sertifikasi dari pihak terkait tidak menjamin keselamatan.

Untuk itu, hal ini menjadi perhatian serius untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kejadian lainnya pada arus balik saat ini. Selain itu, pemudik juga harus selalu menaati peraturan lalu lintas, menjaga kecepatan dan jarak aman.

“Kami akan meningkatkan patroli di jalan raya dan menindak pelanggaran yang dapat membahayakan keselamatan pemudik dan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Hal ini sebagai upaya preventif untuk meminimalisir risiko kecelakaan dan memastikan arus balik berjalan lancar dan aman.

“Kami berharap para pemudik lebih waspada dan bertanggung jawab dalam memilih kendaraan untuk berpergian,” ujarnya.

Komentar