BLANTERORIONv101

Warga RT 14 Kelurahan Kota Alam Keluhkan Banyak Lalat

6 Maret 2024

BeritaTerkini.Info - Lampung UtaraWarga Tanjung Alam Permai, RT 014/RW 005, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara mengeluhkan banyaknya lalat dalam sepekan terakhir.

Warga menduga lalat tersebut berasal dari kandang ayam yang berada tak jauh dari pemukiman. Namun ada juga yang berspekulasi bahwa lalat tersebut muncul usai pengerukan sampah di Jalan KS Tubun.

Kondisi ini mengganggu kenyamanan warga. “Dulu tidak seburuk ini, ada beberapa tapi tidak banyak. “Ini cukup meresahkan,” kata Reni, warga kavling Tanjung Alam Permai.

Reni khawatir keberadaan lalat tersebut dapat berdampak pada kesehatan. Apalagi di daerahnya banyak anak-anak yang rentan terserang penyakit. “Itu yang kami pikirkan. Kalau lalat hinggap ke makanan bisa jadi penyakit bila dikonsumsi. Apalagi di sini banyak anak-anak,” kata dia.

Warga lainnya, Usman meminta pemerintah memberikan solusi untuk persoalan ini. “Kami berharap pemerintah dapat turun tangan menyelesaikan perkara ini. Sebab telah cukup merepotkan,” kata Usman.

Informasi dihimpun dilapangan, belum diketahui secara pasti  penyebab banyaknya lalat masuk pemukiman warga tersebut. Namun demikian, ada dua peristiwa yang terjadi. Pertama ada panen di kandang pembesaran berada dilingkungan pemukiman warga, serta kedua pengerukan sampah.

Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra akan menindaklanjuti persoalan tersebut. Dia berjanji akan menerjunkan tim dari OPD terkait untuk mencarikan solusi. “Nanti kami instruksikan jajaran, khususnya OPD terkait dapat turun langsung melihat kondisi lapangan. Sehingga dapat mecari solusinya,” kata dia.

 

Komentar