BLANTERORIONv101

Relawan Caleg Lampung Umroni Bagi Amplop hingga Libatkan Anak-anak

21 Desember 2023
BeritaTerkini.Info - LampungCalon DPRD Provinsi Lampung Umroni dari Partai PAN diduga melanggar tata tertib pemilu dengan membagikan amplop kepada masyarakat saat berkampanye di Kabupaten Pesawaran. Pelanggaran ini merupakan hasil temuan tim Panwascam Padang Cermin.

Dari beberapa foto yang diterima detikSumbagsel, terlihat amplop tersebut diberikan tim caleg Umroni kepada warga sekitar. Pada foto lainnya, terlihat seorang anak yang diduga masih di bawah umur terlihat mengikuti kompetisi sebagai bagian dari kegiatan kampanye.

Saat membenarkan kabar pelanggaran tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah membenarkan.

"Benar, ada dugaan bahwa Caleg dari partai PAN ini melakukan tindak pidana pemilu," kata dia, Selasa (19/12/2023).

Atas temuan ini, pihaknya telah melakukan registrasi dan akan lakukan kajian bersama Gakkumdu Kabupaten Pesawaran.

"Kami bersama jajaran Kepolisian dan Kejaksaan hari ini akan melaksanakan pembahasan mengenai temuan tersebut, guna merumuskan apakah ini memenuhi syarat untuk dijadikan suatu tindak pelanggaran pidana pemilu atau tidak," jelasnya.

Fatih menjelaskan, temuan dugaan pelanggaran ini merupakan hasil laporan tim Panwascam Padang Cermin.

"Kami mendapatkan laporan dari tim Panwascam Padang Cermin yang dimana kampanye ini berlangsung pada Minggu (10/12/2023) lalu. Kegiatan kampanye caleg ini juga terdapat pada Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) nya. Laporan itu yakni adanya dugaan money politic serta melibatkan anak-anak," terang Fatih.

Fatih pun mengimbau kepada seluruh peserta pemilu untuk tidak melanggar peraturan yang berlaku selama melaksanakan kampanye.

"Kami akan bertindak tegas bilamana dalam kampanye ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu," tutupnya.

Terpisah, Umroni saat dikonfirmasi detikSumbagsel berdalih bahwa pemberian amplop tersebut bukan atas kemauannya.

"Saya juga tidak mengetahui bahwa ada pemberian amplop itu. Itu dilakukan oleh relawan saya secara spontan. Jadi ketua tim relawan saya ini memberikan apresiasi kepada peserta yang memang datang dari jauh-jauh ya," katanya.

Umroni mengaku bahwa dirinya hanya menyediakan beberapa hadiah untuk masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut berupaya kaos hingga minyak makan.

"Kalau saya kan cuma memberikan fasilitas hadiah kaya kaos senam, tumbler juga minyak. Itu sebagai bentuk apresiasi dari saya saja, kalau yel-yel nya bagus ya saya kasih hadiah itu," tuturnya.

Umroni menyatakan dirinya selalu menginformasikan kepada tim relawannya untuk menghindari politik uang.

"Iya saya selalu menginformasikan untuk tidak memberi uang. Jika pun ingin memberikan sesuatu itu berupa barang yang nilainya telah diatur dan dibatasi, tapi mau gimana lagi ya namanya itu spontanitas dari relawan dan di luar pemantauan saya," jelas dia.

Meski begitu, dia mengatakan siap memberikan klarifikasi jika nanti di panggil oleh Bawaslu Kabupaten Pesawaran terkait hal tersebut.

"Iya selama itu diperlukan dan tidak mengganggu proses saya sendiri, ya kenapa tidak," tandasnya.

Komentar