BLANTERORIONv101

PERAN AKTIF MAHASISWA DALAM KONTESTASI PEMILU 2024

12 Desember 2023

BeritaTerkini.Info - Bandar LampungPada hari Selasa tanggal 12 Desember 2023 di Rumah Kebangsaan Jl. Sultan Agung Perum Puri Maerakca Blok DD No. 16 Kel Way Halim Kec. Way Halim Kota Bandar Lampung mengadakan kegiatan diskusi dengan organisasi LMID (Liga Mahasiswa Demokrasi Indonesia) dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik mengenai peran aktif mahasiswa dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang mempunyai tempat tersendiri di mata masyarakat. Mereka dinilai mempunyai peranan penting dalam sejarah berdirinya Pemerintah Indonesia, khususnya dalam menyambung suara masyarakat yang diyakini masih jujur, idealis dan bebas dari pengaruh kelompok manapun.



Sebagai akademisi, mahasiswa sudah seharusnya berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk politik. Pesta demokrasi atau pemilihan umum (pemilu) sudah dekat. Siswa dituntut untuk memainkan peran tersebut sebagai bukti bahwa siswa masih mampu secara aktif menunjukkan eksistensinya.

Untuk menjaga semangat demokrasi, mahasiswa tidak boleh apatis dan hanya berdiam diri serta acuh terhadap kontestasi pemilu di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga tidak perlu reaktif mengingat negara ini adalah negara hukum sehingga harus mematuhi koridor atau aturan yang ada jika ingin mengkritik.

Mahasiswa diharapkan berperan dalam mensukseskan pemilu sehingga mendukung terwujudnya demokrasi yang berkualitas.

 

Komentar