BLANTERORIONv101

Pantai Barat Nihil Kecelakaan Saat Musim Libur Natal di Tempat Wisata Tahun 2023

29 Desember 2023

BeritaTerkini.Info - LampungKepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat, Mirza Sahri mengklaim tidak ada kecelakaan di lokasi wisatanya selama periode libur Natal 2023.

"Jadi kaitan dengan itu (kecelakaan laut) sampai saat ini tidak ada laporan baik di darat maupun di laut. Mudah-mudahan seterusnya tidak terjadi," kata dia  pada Kamis, 28 Desember 2023.

Mirza mengatakan, beberapa lokasi wisata di wilayahnya tidak mengalami peningkatan selama libur Natal 2023. Namun pengunjung diperkirakan akan meningkat pada masa libur akhir tahun atau malam tahun baru 2024.

"Peningkatan diantisipasi oleh Pemkab setempat dengan mendirikan posko-posko pengawasan di titik titik lokasi wisata pantai ramai wisatawan," kata dia.

Sementara, Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Audi Marpi mengatakan pemkab telah mendirikan pos pemantauan dan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Ada dua jenis pos yang didirikan dalam rangka libur Nataru kali ini. Pos berjalan sejak 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024," katanya.

Pos pertama fokus memantau arus lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Pantai Barat (Jalinbar). Titik lokasinya berada di Rata Agung, Kecamatan Lemong, Kecamatan Pesisir Tengah, Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, dan Pemerihan, Kecamatan Bangkunat.

Kemudian posko kedua difokuskan untuk pemantauan dan pengamanan wisata yang akan didirikan di Pantai Tanjung Setia, Kabupaten Pesisir Selatan, Pantai Mandiri Sejati, Pantai Walur, Kecamatan Krui Selatan, Pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Pelabuhan Kuala Stabas, Kabupaten Pesisir Tengah , Pelabuhan Tebakak, Kecamatan Karya Penggawa. , dan Pantai Pulau Pisang, Kecamatan Pulau Pisang.

"Dalam pelaksanaannya nanti melibatkan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pariwisata, juga dibantu petugas dari TNI-Polri, Badan SAR Nasional (Basarnas), dan PMI," kata dia.

Komentar