BLANTERORIONv101

Angin Puting Beliung Hantam 105 Rumah di Way Kanan

27 Desember 2023

BeritaTerkini.Info - Way KananBencana angin puting beliung menerjang 105 rumah warga di Desa Kalipapan dan Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Negeri Agung, Way Kanan.

Kapolsek Blambangan Umpu, AKP Catur Hendro Sutejo mengatakan, angin kencang menerjang dua desa di tengah hujan lebat. Peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

“Namun, terdapat 101 rumah warga mengalami rusak ringan pada sebagian asbes dan genting rumah dan empat rumah rusak berat di bagian dapur,” kata Catur, kepada Lampost.co, Selasa, 26 Desember 2023.

Dia mengimbau, masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang bisa terjadi beberapa hari ke depan. Warga harus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana alam.

“Personel di lapangan juga akan membantu warga yang terdampak bencana dan menjamin keamanan masyarakat untuk menciptakan wilayah aman dan kondusif,” ujar dia.

Sekadar informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Radin Inten II memperkirakan sebagian besar wilayah Lampung akan diguyur hujan hingga 1 Januari 2024.

Kepala Bagian Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Radin Inten II Rudi Harianto mengatakan potensi hujan di wilayah Lampung masih akan berlanjut hingga awal tahun 2024.

Cuaca tersebut dipicu oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer, seperti sirkulasi angin di Laut Cina Selatan yang masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia. Hal ini menimbulkan potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat.

Selain potensi hujan, BMKG juga memperkirakan sejumlah wilayah masih akan mengalami suhu panas karena sirkulasi angin di Laut Cina Selatan secara tidak langsung berdampak pada minimnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan khatulistiwa.

Kondisi tersebut juga diperkuat dengan fenomena fase kering Madden Jullian Oscillation (MJO) di sebagian wilayah Indonesia. Alhasil, pada siang hari kondisi suhu cukup panas dengan kisaran suhu 35 hingga 37 derajat Celcius.

Komentar