BLANTERORIONv101

Top Up Dana di Link BRI Menjadi Sasaran Penyebaran Uang Palsu di Lampung

28 November 2023


BeritaTerkini.Info - Di Lampung, uang palsu masih beredar. Di lokasi BRI Link di Desa Rawa Betik, Kecamatan Seputih, Surabaya, Lampung Tengah, kali ini digunakan mode isi ulang dana.

Pelakunya adalah dua pemuda berinisial MSD (26) dan MW (23) yang berdomisili di Desa Bina Karya Buana, Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah. Mereka berdua terlibat dalam produksi dan penjualan mata uang palsu.

"Kami tangkap dua pelaku pembuat dan pengedar uang palsu setelah tujuh jam dari mereka beraksi," kata Kapolsek Seputih Surabaya, Iptu Jufrianto, Selasa, 28 November 2023.

Korban Regina, 25 tahun, mengawal kedua terdakwa menuju BRI Link untuk mengisi uang Rp 2 juta. "Namun tersangka memberikan uang asli dicampur uang palsu," tandasnya.

Dari pemeriksaan korban diketahui uang palsu tersebut senilai Rp satu juta. Oleh karena itu, korban langsung menelepon polisi untuk melaporkannya. Petugas langsung menahan pria tersebut di kawasan Kampung Rajawali, Bandar Surabaya, Lampung Tengah, tujuh jam kemudian, berdasarkan laporan tersebut.

Rumah kedua tersangka di Kampung Bina Karya Buana, Rumbia, Lampung Tengah, kemudian digeledah anggota dan menyita barang bukti berupa printer, laptop, tiga botol tinta, dua pisau karter, dan gunting.

"Kami juga mengamankan uang palsu senilai Rp5 juta lebih di dalam rumah pelaku. Pelaku dijerat Pasal 36 ayat (1), (2), (3) UU No. 7 Tahun 2011 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," kata dia.

Komentar