BLANTERORIONv101

Ratusan Pecinta Kucing Ikuti Fun Cat Festival

24 November 2023

BeritaTerkini.Info - Komunitas Pecinta Kucing Lambar mengadakan Fun Cat Festival pada hari Sabtu, 18 November 2023 bekerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan untuk bertukar pengalaman dalam merawat hewan peliharaan khususnya kucing.

Ratusan pecinta kucing membawa hewan peliharaan kesayangannya ke acara yang berlangsung di Halaman Lamban Pancasila itu.

Selain berpartisipasi dalam kontes. Tim Kesehatan Hewan juga memberikan pelayanan kesehatan gratis dan vaksinasi anti rabies kepada hewan di lokasi tersebut.

Yudha Setiawan, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat, pada pembukaan acara menyatakan bahwa para peserta berkesempatan mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang kucing peliharaan.

"Tujuannya untuk menjaga eksistensi dari keberadaan jenis kucing sekaligus sebagai informasi tentang bagaimana cara merawat kucing dengan benar serta pengetahuan mengenai silsilah agar terpenuhinya prinsip "five freedom" bagi hewan peliharaan khususnya kucing," kata dia, Sabtu 18 November 2023.

Menurutnya, prinsip lima kebebasan atau lima kesejahteraan hewan adalah bebas dari rasa haus dan lapar, bebas dari rasa sakit dan penyakit, bebas mengekspresikan sifat alamiah, bebas rasa takut dan tertekan serta bebas dari rasa tidak nyaman.

Sementara itu, Ketua Komunitas Cat Lovers, Liliana Paramita, menyampaikan bahwa kegiatan yang diadakan ini adalah untuk memberikan edukasi dan menumbuhkan rasa peduli terhadap hewan khususnya kucing. Ia mengaku, komunitas pecinta kucing ini dibentuk pada tahun 2023.

"Komunitas ini awalnya sebagai ajang untuk bersilahturahmi antar sesama pencinta kucing, baik kucing jenis ras maupun domestik/lokal. Kemudian kegiatan yang dilaksanakan ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kepedulian dan rasa cinta terhadap hewan peliharaan khususnya kucing," katanya.

Ia mengklaim, persyaratan dalam kompetisi kucing bermacam-macam, seperti divisi ras murni atau non-silsilah. Selanjutnya pertunjukan kucing lokal atau nasional. Lomba kucing ekor terpanjang, lomba kucing terberat, dan lomba foto kucing merupakan contoh kategori ekstrim.

Beragam penghargaan, termasuk piala dan sertifikat, diberikan kepada peserta yang memenuhi persyaratan tersebut.

 

Komentar