BLANTERORIONv101

Pahlawan Nasional Asal Lampung Ahmad Hanafiah Diminta Segera Dipopulerkan

29 November 2023

BeritaTerkini.Info - Salah satu pahlawan nasional Lampung, Ahmad Hanafiah, disebut KH oleh Dinas Sosial (Dinsos) Lampung yang meminta agar seluruh organisasi Bumi Ruwa Jurai segera menyebarkan kabar tentang dirinya.

Aswarodi, Kepala Dinas Sosial Lampung, menyatakan pihaknya telah meminta kepada pimpinan lembaga pendidikan, organisasi kewilayahan, dan daerah untuk melaksanakan imbauan tersebut.

"Kami akan buatkan surat edaran untuk kepala daerah, rektor, OPD, untuk menginformasikan KH. Ahmad Hanafiah jadi pahlawan nasional asal Lampung. Kami juga sepakati nama dan profil wajahnya berdasarkan Kepres," ujar Aswarodi, Selasa, 28 November 2023

Selain itu, pihaknya meminta agar jalan dan bangunan diberi nama KH. Ahmad Hanafiah.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung diharapkan mampu mengenalkan pahlawan Lampung Timur kepada siswa dari semua tingkatan.

"Lampung ada 73 pahlawan daerah, tokoh daerah, dan itu bisa dibukukan agar peserta didik tahu dan terinspirasi," ujarnya.

Sekadar informasi, KH. Ahmad Hanafiah dianugerahi gelar pahlawan nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 115/TK/Tahun 2023 tanggal 6 November 2023.

Sosok KH. Ahmad Hanafiah merupakan sosok pejuang asal Lampung Timur yang saat itu masih menjadi bagian dari Lampung Tengah. Ia mendirikan organisasi pejuang sebagai wadah pendidikan paramiliter bagi santri untuk membantu mempertahankan kemerdekaan.

Ia juga pernah menjadi anggota Chuo Sangi Kai (Dewan Pertimbangan Daerah) di Keresidenan Lampung pada tahun 1945-1946.

 

Komentar