BLANTERORIONv101

Kaum Muda Diajak Indosat Bekerja Sama di Festival Film Pendek SOS 2023 untuk Melawan Ujaran Kebencian

29 November 2023

Mendorong generasi muda Indonesia untuk bijak dalam menggunakan media sosial, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) berkolaborasi dengan Narasi menyelenggarakan Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023. Kompetisi film pendek ini bertujuan untuk menginspirasi dan meningkatkan literasi digital generasi muda sekaligus mengkampanyekan anti ujaran kebencian. atau kebencian dengan tema 'Bicaralah yang Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi.'

Kompetisi ini dibuka pendaftarannya mulai tanggal 26 Oktober 2023 hingga diumumkan pemenangnya pada Februari 2024. Sebagai wadah kreativitas generasi muda, festival ini diharapkan dapat memberikan pesan perdamaian, kesetaraan, dan toleransi melalui medium film pendek.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, menyatakan media sosial harus menjadi tempat yang nyaman untuk kita, bukan tempat menebar kebencian. "Dengan kampanye #BijakBerkreasiTanpaBatas, Indosat mengajak generasi muda menggunakan kekuatan cerita dan visual untuk menyebarkan pesan positif, membangun masyarakat inklusif, dan peduli dengan sesama," ujarnya.

Menyusul pernyataan tersebut, Founder Narasi, Najwa Shihab, menyambut baik inisiatif Indosat. "Sebagai kawan kolaborasi, kami memiliki semangat serupa dalam melawan penyebaran ujaran kebencian. Melalui film-film pendek ini, kami berharap dapat memberikan suara dan gagasan tentang kesetaraan, toleransi, dan perdamaian."

Di bawah pilar Pendidikan Digital, tanggung jawab sosial (CSR) Indosat meliputi Festival Film Pendek SOS. Roadshow ke universitas lain, sosialisasi, sesi pelatihan dengan spesialis film, pemilihan juri, dan pengumuman penghargaan semuanya merupakan bagian dari program ini. Empat lokasi—Medan, Jember, Pontianak, dan Makassar—akan dikunjungi roadshow perguruan tinggi, sedangkan kegiatan sosialisasi akan dilakukan di enam kota lainnya.

Menurut Steve, perkataan yang memecah-belah mungkin menjadi katalisator perpecahan. Oleh karena itu, kampanye Festival Film Pendek SOS diharapkan dapat mendorong semua orang untuk menjadikan media sosial sebagai ruang berekspresi yang ramah dan aman melalui strategi inovatif dan cerita yang ceria.

Dengan pengumuman pemenang yang dijadwalkan pada acara SOS Short Film Festival Anugerah Karya 2024, kampanye ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengubah paradigma penggunaan media sosial di kalangan generasi muda Indonesia.

 

Komentar